Usaha Perjalanan Wisata

Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) merupakan salah satu pendidikkan tinggi dengan jenjang pendidikkan ahlimadya ( D3). Program studi ini merupakan pusat penyelenggaraan keterampilan dalam usaha perjalanan wisata yang mempunyai rancangan standar unggulan serta kepentingan sumber daya manusia dengan memperluas wawasan keterampilan dalam bidang usaha perjalanan wisata.
Dengan rancangan yang terintegrasi mulai dari kurikulum, dosen, praktik (lapangan dan inhouse) serta fasilitas memadai, diharapkan mahasiswa mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja.

KEGIATAN AKADEMIK
Sistim penyelenggaraan pendidikkan D3 menerapkan sistim satuan kredir semester dengan beban studi minimal 114 SKS. Proses pembelajaran dilakukan di dalam dan di luar kampus, dengan perbandingan 40% teori (guest lecturer dan diskusi) dan 60% praktik (dray practice, real practice,  in house training, field trip, dan on the job training).

  1. Kegiatan di kampus (perkulihaan dan diskusi serta guest lecturer)
  2. kegiatan di luar kampus
    • Field trip setiap semester
    • On the Job Training
    • Magang di industri pariwisata

FASILITAS PENUNJANG
Fasilitas penunjang pembelajaran terdiri atas:

  1. Ruang kuliah (teori) dengan luas yang memadai.
  2. Laboratorium (counter travel agent), laboratorium bahasa dan komputer.

PELAKSANAAN ON THE JOB TRAINING (OJT)
Pelaksanaan OJT Bandara
On the Job Training (OJT) merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa program Diploma III. Hal ini tercantum dalam Pasal 36 ayat [3] huruf f jo Pasal 37 ayat [1] UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. PKL adalah salah satu muatan (content) kurikulum yang bertujuan untuk memberikan wawasan praktik dalam bidang tertentu, dalam hal ini usaha perjalanan wisata. Adapun bidang yang menjadi objek PKL di STIEPAR YAPARI - AKTRIPA Bandung, Biro Perjalanan Wisata, Maskapai penerbangan, bandara internasional, event organizer, serta perusahaan cargo.

PROFIL LULUSAN
Alumni Jurusan UPW dapat diserap oleh dunia kerja khususnya pada Biro Perjalanan Wisata (BPW) sebagai ticketing staff (domestik dan Internasioonal), tour planner (Domestik, Inbound dan Outbound), Travel dokumen staff, Sales & Marketing, Umroh dan Haji. Maskapai Penerbangan sebagai staff reservasi, ticketing, Sales & Marketing, airport handling, dan cabin crew (pramugari/pramugara). Perusahaan Cargo, PCO (professional Conference Organizer) in house ataupun dependent, hotel bagian banquet, serta organisasi yang bergerak pada bidang MICE (Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition).

KEGIATAN PRAKTIK
Praktik Kerja Guiding
Kegiatan praktik dilakukan pada setiap semester. Adapun lokasi yang di tuju disesuaikan dengan demand wisatawan. Seluruh kegiatan diatur dan dijalankan oleh mahasiswa. Adapun tujuan praktik lapangan (field trip) ini untuk memperkaya khasanah pengetahuan mahasiswa di lapangan. Selain itu mahasiswa diharuskan mempraktikan teori yang diperoleh selama perkuliahan, seperti guiding di atas

Kegiatan Praktik TrackingKegiatan Praktik ke Pegunungan


  Terkini  
  Terpopuler