Manajemen Pariwisata

 

VISI & MISI MANAJEMEN KEKHUSUSAN MANAJEMEN PARIWISATA

Visi :

Menjadi Program Studi Manajemen Pariwisata termaju dalam ilmu dan terunggul dalam lulusan yang dapat menjawab masalah pariwisata nasional maupun global tahun 2018.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang manajemen kepariwisataan yang selaras dengan perkembangan keilmuan dan tuntutan dunia kepariwisataan masa yang akan datang.
  2. Melakukan penelitian dan berbagai kajian untuk mengembangkan kemampuan professional dalam bidang kepariwisataan.
  3. Membangun kerja sama dengan berbagai instansi dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan kualitas lulusan.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam perannya sebagai perencana dan peneliti di bidang kepariwisataan.

KULIAH LAPANGAN (PRAKTIKUM)
Program Studi (Prodi) Manajemen Kekhususan Manajemen Pariwisata adalah program studi dengan jenjang Strata-1 (S1), dengan output para sarjana ekonomi (SE) kekhususan, dengan keahlian/kompetensi di bidang kepariwisataan.

Untuk menunjang keahlian, Prodi  Manajemen Kekhususan Manajemen Pariwisata setiap semester dilengkapi dengan program Kuliah Lapangan, yang disesuaikan dengan mata kuliah berpraktik di semester tersebut. Kuliah Lapangan ini berupa observasi ke locus-locus yang disesuaikan dengan mata kuliah terkait dengan meliputi unsur-unsur kepariwisataan, termasuk hotel, biro perjalanan wisata dan destinasi tujuan wisata.sekolah tinggi pariwisata

Lokasi yang menjadi locus praktikum pada semester genap TA.2011-2012 ini adalah kawasan Banten Lama untuk mahasiswa semester 2 dan 4, serta Kawasan Ujung Genteng untuk semester 6 dan kelas karyawan/lanjutan semester 2. Untuk lokasi yang berada di kawasan Banten Lama, mahasiswa melakukan observasi dan penelitian di situs epurbakalaan, Batik Banten dan peninggalan-peninggalan budaya Banten. Pemilihan ini didasarkan pada pemikiran sesuai dengan sebaran praktikum Jurusan Manajemen Pariwisata, bahwa untuk semester 2 (dua) adalah Perencanaan Pariwisata, dimana diharapkan mahasiswa dapat menilai implementasi dari aspek perencanaan di locus wisata yang dikunjungi. Sedangkan untuk semester 4 (empat) adalah matakuliah Manajemen Bisnis Pariwisata, dimana mahasiswa belajar untuk menganalisis manajemen bisnis.

Kuliah Lapangan ke Ujung GentengSedangkan yang berlokasi kawasan Ujung Genteng, mahasiswa semester 6 dengan mata kuliah Studi Kelayakan melakukan analisis lapangan atas pengembangan bisnis pariwisata di penangkaran penyu Pangumbahan, taman laut Cibuaya, Curug Cikaso, dll. Adapun mahasiswa kelas karyawan/lanjutan sesuai dengan mata kuliah Strategi Bisnis Pariwisata melakukan analisis atas strategi bisnis pariwisata yang tepat yang dapat diimplementasikan di kawasan Ujung Genteng. 

  

Perjalanan menuju Curug Konservasi Penyu di Ujung Genteng

Membatik di Banten Lama

Kuliah Lapangan di Museum Situs Arkeologi di Banten Lama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

KULIAH KERJA NYATA (KKN): Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester akhir yang terakhir dilaksanakan pada bulan Oktober selama 1 (satu) bulan di Desa Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat. Tema KKN kali ini adalah Ekonomi Kreatif dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Ciwaruga. Peserta KKN dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, dimana setiap kelompok memiliki tugas masing-masing. Kelompok pertama bertugas membina masyarakat di bidang pemberdayaan wisata Kuliner (oleh-oleh) terutama di bidang pemasaran dan diversifikasi produk, sedangkan kelompok lainnya membina masyarakat di bidang pemasaran hasil Kerajinan Kayu, yang dijual ke wisatawan.


  Terkini  
  Terpopuler